Rabu, 13 November 2019

Pengertian Jaringan


1. PENGENALAN JARINGAN

A. LATAR BELAKANG DAN SEJARAH JARINGAN

            Pada Tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah computer secara bersama-sama. Hal ini terus berkembang hingga tahun 1950-an tercipta jenis-jenis komputer mulai bervariasi. Karena mahalnya harga perangkat computer, ada tuntutan bahwa sebuah computer harus mampu melayani beberapa terminal. Tuntutan inilah yang mendasari konsep distriusi konsep berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System) yang merupakan bentuk aplikasi pertama kali sebuah jaringan/network computer. Pada system TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer host.

Gambar Time Sharing System

            Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa computer host (server) mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host.


Gambar Distributed Processing

Ketika ukuran computer mengecil dan harga computer mulai turun serta konsep distribusi sudah matang, computer dan jaringannya sudah muai digunakan untuk beragam aktifitas seperti menangani proses bersama atau komunikasi antar computer (peer to peer system). Aktivitas tersebut dilakukan tanpa melalui computer pusat. Pada masa ini teknologi jaringan local yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network) mulai berkembang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar