Rabu, 13 November 2019

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSINYA


JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSINYA
  1. Jaringan Client Server  

Client Server adalah jaringan komputer dengan salah satu komputer difungsikan sebagai server dan yang lainnya berfungsi sebagai client. Biasanya pada jaringan ini terdapat satu server dengan lebih dari satu buah komputer sebagai client. Server menjadi indukan bagi jaringan komputer ini dengan bertujuan untuk melayani komputer client.
Client Server adalah tipe jaringan yang paling umum dan paling banyak dipakai di internet. Sebagai contoh saat kita mengakses situs youtube, pihak youtube memiliki satu (atau lebih) komputer yang berfungsi sebagai server. Sedangkan kita, para pengguna dan penikmat konten youtube, disebut dengan client.
Pada client server terdapat istilah yang mungkin sering kita dengar. Yaitu upload (unggah) dan download (unduh). Upload adalah proses mengirimkan informasi kepada server. Sedangkan download adalah proses mendapatkan informasi dari server

     2. Jaringan Peer to Peer


Peer to Peer adalah jenis jaringan komputer dimana setiap komputer dapat menjadi server sekaligus client. Setiap komputer yang berada di jaringan ini dapat menerima dan memberikan akses dari atau ke komputer lain. Peer to Peer banyak dipakai pada jaringan LAN. Peer to peer memiliki kelemahan pada masalah manajemen dan keamanan. Sangat sulit untuk menjaga keamanan data pada jaringan peer to peer dengan user yang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar